Mangekyo Sharingan

Translate blog

Pengikut

Subscribe Now: standard

Follow BLOG Saya

Kamis, 04 Oktober 2012

Samarinda, the complete city

http://laras2011.student.umm.ac.id/files/2011/08/samarinda-malam.jpg
suasarana kota samarinda malam.. sumber : Sumber
Samarinda adalah salah satu kota besar di Indonesia. Kota yang berjuluk kota tepian ini adalah Ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur. Sebagai ibu kota provnsi, Kota Samarinda hampir memiliki semuanya. Dari sektor Pariwisata, Ekonomi, Religi, Budaya, hingga Kulinernya ada di Kota Samarinda. Baik, dalam postingan blog ini saya akan membahas dan mencoba merincikan hal-hal menarik yang ada di Kota Samarinda. Terlebih dahulu saya ucapkan terimakasih kepada BLOGdetik yang telah menyelenggarakan lomba blog ini sehingga saya terinspirasi untuk menulis tentang Kota Samarinda :).


Langsung saja kita bahas satu per satu tentang Kota Samarinda. 
  • Kita mulai dari sektor Ekonomi. Letak Kota Samarinda yang setrategis membuat Kota Samarinda sangat mudah menjadi kota pusat ekonomi di Kaltim. Terlebih kota samarinda adalah Ibu kota Provinsi Kaltim. Tidak hanya itu saja, letak Kota Samarinda yang menjadi lintasan Sungai Mahakam membuat Kota Samarinda sangat mudah terhubung dengan daerah-daerah lainnya di Kalimantan Timur. Hal ini juga mempermudah Kota Samarinda untuk menjadi wadah eksport dan import dengan daerah luar Provinsi Kaltim bahkan Dunia Internasional.
  • Masuk ke dunia Industri dan perdagangan. Kota Samarinda masih menjadi primadona penyumpai kebutuhan bagi daerah sekitar kota Samarinda seperti Kukar, Bontang, Kutim, dll. Di samarinda sendiri telah banyak berdiri pusat-pusat Industri dan perdangan. Contohnya saja mall dan pasar tradisional. Di kota samarinda terdapat mall-mall yang besar yang dapat memberi pemasokan terhadapat pemerintah. Pasar-pasar tradisional seperti pasar pagi segiri juga sangat memberi keuntungan bagi masyarakat juga pemerintah. Saya sendiri berasal dari Kota Tenggarong, dan saya tahu persis jika bahan-bahan pokok seperti makanan dan pakainan yang berada di Tenggarong berasal dari Kota Samarinda.

pasar di samarinda.. :Sumber
  • Masuk ke sektor Pariwisata. Kota Samarinda juga menjadi pusat tujuan wisata bagi masyarakat luas. Banyak hal yang menarik yang dapat di nikmati dari kota ini. Kulinernya, pemandangannya sangat membuat orang betah berlama-lama di kota ini. Obyek wisata unggulan di Kota Samarinda adalah antara lain adalah Kebun Raya Unmul, Tanah Merah, Tepian Mahakam, dan lain-lain. Kuliner di Kota Samarinda juga tidak kalah, seperti makanan khas Kota Samarinda seperti kerupuk amplang. Sebagai cendera mata dari Kota Samarinda, kota ini juga menawarkan produk-produk nan indah yang dapat di bawah para wisatawan untuk oleh-oleh. Seperti sarung samarinda, kalung, gelang manik-manik, dll. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOqE73c6o17vQPCWN_LYZrMTqUCANMJ2HR8vc3fAkUW0aGY1s0FJsgPc0psxMgR-QomG6pSQiSTx6DQ3shZ_QcrNCxrQIIgGS68Ntej-mWnvatcZjYtElivNLocVPaKk4BAwm_pymuaGnN/s1600/TEPIAN+MAHAKAM.jpg
suasana tepian samarinda.. : Sumber

  • Lanjut ke sektor Pendidikan. Sebagai kota modern yang maju Kota Samarinda juga tidak lupa memperhatikan sektor pendidikan. Pentingnya pendidikan bagi masyarakat membuat kota samarinda juga patut dijuluki kota pendidikan. Banyak sekolah-sekolah unggulan dan universitas yang berada di Kota Samarinda. contohnya adalah Universitas Mulawarman, Unibersitas ini adalah universitas terbaik di Kaltim yang menjadi sorotan utama bagi pelajar-pelajar yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Banyak prestasi yang telah di capai oleh siswa-siswi mahasiswa-mahasiswi di Kota Samarinda.





  • Ke sektor Olahraga. Sebagai penyelenggara PON pada tahun 2008 kemarin, Kota Samarinda sudah tidak perlu di ragukan lagi tentang sarana prasarana olahraga yang dimilikinya. Komplek Stadion Madya Sempaja dan Komplek Olahraga Palaran adalah komplek olahraga yang berstandar Internasional yang dimiliki oleh Kota Samarinda. Antusias warganya sangat luar biasa. Banyak perlombaan yang diadakan di Kota Samarinda. seperti lari 10 KM di depan kantor Gubernur, liga sepak bola, dan lain-lain. 
    http://www.alqoimkaltim.com/wp-content/uploads/2011/10/sTADION-pALARAN.jpg
    Stadion palaran, : Sumber
Menyebutkan fasilitas-fasilitas di Kota Samarinda memang tidak ada habisnya. Kota dengan sejuta warna ini sangat sayang untuk tidak dikunjungi. Masyarakat yang ramah, lingkungan yang sehat, serta pemandangan yang indah, membuat kota samarinda layak untuk dijuluki the complete city... Saya sendiri selalu menjadikan agenda wajib untuk selalu berkunjung ke Kota Samarinda saat memiliki waktu lenggang. walaupun hanya sekedar jalan-jalan ke Pusat Perbelanjaan ataupun mengahabiskan waktu di perpustakaan daerah. mungkin itu saja yang bisa saya tulis dalam artikel ini. kurang dan lebihnya saya mohon maaf.. visit samarinda city.. bye..bye.. ^_^

0 komentar:

About Me

Ryan Pratama
Hahaha gak penting
Lihat profil lengkapku

Vistor

Sms Gratis


Make Widget

Follow Twitter

Subscribe Now: myy

Add to Google Reader or Homepage