Setelah hari pertama tanpa dipimpin Daniel Roekito (DR), kemarin DR sudah bersama tim memberikan program latihan di Stadion Segiri. DR langsung membenahi dan menambah porsi latihan Srdjan Lopicic dkk, untuk memantapkan persiapan jelang laga lawan Mitra Kukar, pekan depan.






Persisam Putra berusaha mengembalikan karakter permainan mereka.
“Masih banyak pembenahan dilakukan pada tim ini. Saya melihat ada sesuatu yang hilang pada diri pemain, salah satunya karakter mereka sebagai pemain,” terang DR.
Dijelaskan mantan pelatih Persik Kediri dan Persib Bandung tersebut, karakter yang dimaksud adalah apa yang ada dalam diri pemain di semua posisi. Bagi seorang pemain belakang, tugasnya adalah menghalangi lawan agar tak bisa melewati dirinya. Pun dengan pemain depan, mereka harus punya karakter kalau ia punya tugas wajib menjebol gawang lawan.
“Makanya dalam latihan hari ini (kemarin, Red), saya lebih banyak melakukan duel antar pemain. Mulai satu lawan satu hingga tiga lawan tiga. Tujuannya agar pemain punya karakter kuat saat melakoni pertandingan,” terangnya.
DR mengakui kalau pemainnya mengalami masa penurunan dalam hal karakter tersebut. Buktinya saat kehilangan bola, mereka terlihat sering tak berusaha merebut kembali. Padahal hal tersebut mutlak harus dilakukan, karena bisa saja kesalahan yang dibuat bisa berujung terjadinya gol.
“Saya tak mau pemain menganggap enteng suatu kesalahan yang mereka buat. Saya terus menerus menanamkan kedisiplinan pada pemain, membentuk karakter serta meningkatkan kemampuan tim secara keseluruhan. Tujuannya jelas, pemain bisa memadukan apa yang saya berikan dalam skema permainan. Ingat, satu kesalahan yang kita buat saat melawan Persela berujung pada gol. Dan kita tak bisa membalasnya sampai akhir pertandingan karena tak beruntung,” terangnya.
Hal tersebut ujar DR harus dijadikan semua pemain sebagai pelajaran berharga. “Artinya semua pemain harus meminimalkan kesalahan. Makanya saya ingin mereka punya karakter kuat di masing-masing posisi,” pungkasnya. (upi)