“Samarinda kota ku tercinta, bermacam-macam suku dan agama. Jadi satu Pusamania, dukung Persisam jadi juara”. Itulah chant atau yel-yel yang biasa dinyanyikan Pusamania, suporter Persisam Putra di setiap laga kandang. Namun chant tersebut kemarin juga dinyanyikan saat Persisam Putra menjalani latihan.
 

 
Pusamania saat memberikan suntikan motivasi saat Persisam Putra mengelar latihan Rabu (8/2) sore kemarin di Stadion Segiri.
Ya, Pusamania memberikan motivasi tambahan buat seluruh pemain yang kemarin menjalani latihan, setelah kekalahan atas Persela.
“Kami Pusamania, tetap mendukung Persisam sampai kapan pun. Kita sudah bermain sangat bagus lawan Persela, tetapi Dewi Fortuna memang tak memihak kita,” teriak salah seorang suporter dengan pengeras suara.
Sesi latihan kemarin memang terasa beda. Sebab Pusamania juga membawa tetabuhan seperti layaknya tim akan bertanding. Beberapa chant yang biasa mereka suarakan di pertandingan, beberapa kali dinyanyikan saat melihat Srdjan Lopicic dkk berlari mengelilingi lapangan.
Di penghujung latihan, salah seorang Pusamania memberikan syal buat pemain yang diwakilkan pada Ronald Fagundez. “Apa yang kami lakukan ini untuk mengobati kesedihan pemain setelah kekalahan atas Persela. Kita semua tahu bagaimana hasil pertandingan saat itu. Kita semua kecewa dengan hasil akhir, tetapi tidak dengan permainan tim secara keseluruhan,” terang Upan, salah seorang suporter.
Suporter pun di akhir sesi latihan langsung menemui pemain di lapangan, termasuk bertemu manajer tim Coeng Agus Setiawan. Mereka menyampaikan harapan pada tim untuk pertandingan mendatang. Bahkan sebelum pertemuan berakhir, Pusamania dan seluruh pemain mengadakan doa bersama untuk kesuksesan tim di pertandingan berikutnya.
Coeng Agus Setiawan, manajer tim mengaku bangga dengan apa yang diperlihatkan Pusamania pada pemain. Menurutnya, tak semua suporter di Indonesia bisa memberikan dukungan kepada pemain di saat tim baru saja mengalami kekalahan.
“Tapi itu bukti kalau suporter melihat bagaimana perjuangan pemain di lapangan pada pertandingan lawan Persela. Semoga semangat pemain lebih terangkat dengan adanya dukungan nyata dari suporter,” pungkasnya. (upi)